04 September 2017

Ternyata Indonesia Punya Menara Eaffle, Adanya di Purworejo


Indonesia, adalah gudangnya pariwisata. Untuk yang sudah naik daun maupun yang masih belum terjamah bisa dibilang juga masih perawan. Secuil surga yang turun dari langit ini masih menyimpan ribuan pesona destinasi baru yang siap menyuguhkan panoramanya untuk anda.
Jika di benua biru atau yang sering disebut Eropa, Prancis tepatnya, ada salah satu icon negara itu? Kira-kira apa namanya ya? Yaap menara eifel adalah menara yang menjadi iconnya Negara Prancis. Berada di pusat kota mode dunia, Paris membuat menara iconik itu menjadi sangat terkenal. Apalagi ada yang bilang jika berada disana, merupakan tempat paling romantis di dunia. Nah untuk bermimpi bisa seromantis di Paris Peracis, tak usah jauh-jauh kesanalah.
Jangan bimbang dan juga risau, malah habisin duit saja nanti di sana. Di Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo ada sebuah gunung yang dinamakan gunung eifel. Mungkin nama ini cukup asing bagi kalian semua, karena memang sebelumnya belum ada nama ini. Yang ada gunung ini sebenarnya bernama gunung manggul, terletak di Desa Cacaban kidul yang secara administratif masuk Kecamatan Bener.
Gunung eifel hanyalah sebuah nama secara tidak langsung yang dicetuskan saat kami dan tim mau mendakinya. “Wah gunungnya keren yak, kayak menara. Kayak menara eifel aja nih kalo dilihat-lihat begitulah celetukku ” sahabatku menaggapi “wah iya ya” aku menyeletuk kembali “Gimana kalo gunung ini kita namain gunung eifel aja, biar semua orang penasaran apasih gunung eifel itu” akhirnya sepakat bahwa gunung manggul itu diberi nama keren, dengan tujuan supaya banyak yang mau mengunjungi destinasi baru ini. Gunung eifel ini panoramanya luar biasa kawan.
Hamparan pepohonan hijau memenuhi topografi pegunungan, terlihat jelas sawah-sawah hijau nan jauh di bawah sana dengan lekuk-lekuknya teras iring terlihat bagaikan lukisan batik nyata. Terlihat pula sekumpulan burung kuntul terbang membentuk gerombolan, menjadikan layaknya lukisan alam yang memedarkan pesona. Langit biru bersih tak mau ketinggalan ia tunjukannya dengan menghalau awan hujan. Rasa berbahagianya menjadi saksi pendakian gunung ini. Garis biru gelap dan garis hijau khas pepohonan menjadikan batas bergradasi indah antara lagit dan bumi.

Sungguh kawan nikmat seperti inilah yang jarang ditemukan. Tidakkah kau tertarik untuk mengunjungi tempat ini? Sedikit cerita itu menggambarkan pemandangan dari puncak gunung, yang secara realnya jauh lebih indah dari rangkaian kata di atas. Gunung eifel ini masih perawan, karena memang belum tersentuh tangan manusia untuk dijadikan wisata. Tetapi potensi dari panorama yang terlihat, cukup menjanjikan untuk dijadikan sebuah destinasi iconik daerah ini.
Sebenarnya cuma butuh akses jalur pendakian saja, karena untuk mendakinya pun perlu adrenalin tinggi. Sekitar 30 m jalur pendakian harus melewati batu cadas yang sudut vertikalnya hampir 180 derajat. Bisa dibayangin bukan cukup membuat nyali menciut. Tapi bagi para petualang ini malah menambah semangat untuk menaklukan medan dan secepatnya ingin sampai puncak. Pesona yang disuguhkan sepertinya cukup komplit, karena letak gunung ini di tengah.
Jadi bagi pemburu sunrise dan sunset akan menemukan spot terbaiknya di sini. Walaupun memang tak seindah golden sunrisenya sikunir tapi pesona keadaan alam tak akan mengurangi indahnya sunrise dan sunset di tempat ini.
Percayalah pendakian yang sulit itu akan terbayar lunas dengan semua pemandangan indah dari ketinggian gunung ini. Bagi kalian semua para traveler jika cukup penasaran dengan gunung eifel ini cobalah untuk di daki, letaknya yang tak jauh dari gunung kunir sepertinya memudahkan. Untuk mendaki kesana sebaiknya konsultasi dulu dengan warga masyarakat di sana, karena untuk saat ini jalur pendakian cukup licin. Yuk kita ramaikan gunung eifel ini, jadikan destinasi baru di Purworejo, seperti gunung ijo dan gunung kunir. 
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: